Kamis, 03 Januari 2013

Menulis dengan Sistematika Ilmiah tapi Ringan

    Bicara soal menulis secara ilmiah, pasti bicara tentang membuktikan dengan evidensi atau fakta yang benar benar terjadi dan sudah dilakukan penelusuran lebih lanjut sehingga dapat ditulis menjadi suatu penulisan ilmiah. Dan jika sudah begitu, maka pikiran kita juga langsung tertuju pada kerepotan akan mengumpulkan evidensi atau fakta fakta statistik yang berhubungan dengan sesuatu yang akan diteliti. Pasti membutuhkan banyak waktu lah, pasti membosankan lah, pasti susah lah.
    Tetapi ada juga cara cara menulis dengan sistematika ilmiah tapi ringan dan cukup mudah untuk dilakukan. Sekali lagi saya menggunakan pengetahuan saya untuk menulis ini dengan berbagai macam sumber yang telah saya pelajari atau tidak sengaja saya pelajari sebelumnya.
    Pertama tama, sebuah penulisan ilmiah membutuhkan tujuan dan latar belakang serta pengenalan mengenai apakah penelitian tersebut. Jadi langkah awal yang akan dilakukan untuk menulis dengan sistematika ilmiah adalah dengan menulis pendahuluan.
    Pendahuluan merupakan awal dari tulisan ilmiah yang berisi tentang apakah penelitian itu dan untuk tujuan apakah penelitian tersebut dilakukan. Dalam pendahuluan juga dipaparkan awal permasalahan yang akan diamati.
    Setelah itu, mulailah membuat isi dari tulisan ilmiah tersebut. Coba mulai memaparkan permasalahan pokok dari yang sedang diteliti. Dalam memaparkan permasalahan permasalahan tersebut, kita juga harus menyampaikan bukti bukti atau evidensi yang ditemukan dalam meneliti permasalahan itu. Fungsi bukti bukti tersebut adalah untuk mempertahanan argumen kita jika ada yang membantahnya.
    Dan setelah selesai memaparkan semua pokok permasalahan dan juga bukti buktinya, terakhir kita membuat penutup yang berisikan kesimpulan dari semua permasalahan yang sudah dipaparkan sebelumnya. Dan itulah salah satu cara menulis dengan sistematika ilmiah tapi ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar