Kamis, 03 Januari 2013

Membuat Ringkasan

    Untuk membuat suatu ringkasan, tidaklah sulit dan juga tidaklah mudah. Ringkasan yang baik tentunya harus memenuhi syarat dan kriteria dari yang di minta (jika ringkasan tersebut bersifat memaksa).
    Tulisan saya ini bersifat subjektif dan hanya saya tulis dari pengetahuan saya dari berbagai sumber yang saya olah sendiri dalam pikiran saya, jadi sebelumnya saya mohon maaf apabila kurang memuaskan.
    Membuat ringkasan dapat dimulai dengan membaca teks asli sebanyak minimal 2x. Yah tetapi jangan hanya asal dibaca, setiap dibaca usahakan juga dimengerti apa saja topik yang dibahas di tiap tiap paragraf. Usahakan menguasai semua isi dan maksud dari teks tersebut.
    Selanjutnya bisa mulai mencoret coret dan mulai membuat kerangka, yang dimaksud dari kerangka ini adalah coretan dengan pengertian diri sendiri mengenai topik topik yang ada di teks tersebut. Kemudian coretan tersebut bisa dikumpulkan menjadi satu dan direkonstruksi menjadi rangkaian kalimat sesuai dengan gaya bahasa diri sendiri.
    Sisanya tinggal tuangkan kreativitas diri masing masing dengan tulisan yang sudah tinggal disatukan itu dan susun menjadi ringkasan sesuai dengan apa yang diminta (misalkan diminta menggunakan jumlah kata tertentu; ringkasan dengan 500 kata). Dan selesailah ringkasan yang baik dibuat dengan langkah langkah sederhana tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar