Senin, 22 Oktober 2012

Bahasa sebagai Pemersatu

    Suatu bangsa atau suatu kelompok ataupun hanya suatu perkumpulan pasti memiliki suatu cara untuk berkomunikasi. Entah itu dengan mengadakan rapat, pertemuan, dan lain lain. Semua itu mempunyai satu tujuan, yakni untuk menyatukan pendapat, menyatukan pemikiran, dan juga membuat seluruh individu yang terlibat di dalamnya menjalin suatu komunikasi yang baik.
    Akan tetapi dibalik itu, ada SATU hal penting yang menjadi inti dari semua hal yang disebutkan di atas. Hal penting tersebut adalah Bahasa. Ya benar sekali bahwa siapapun tidak bisa melakukan kegiatan kegiatan tersebut tanpa bahasa. Bahasa merupakan alat komunikasi yang harus berada di dalam suatu komunikasi apapun. Bahasalah yang membuat Anda bisa membaca tulisan saya ini, dan bahasa pula lah yang membuat Anda bertahan hidup sejauh ini. Anda mungkin mendapatkan udara untuk bernafas dan tetap hidup tanpa bahasa, tetapi apakah Anda bisa mendapatkan secangkir minuman tanpa bahasa? Apakah Anda bisa mendapatkan sepotong kecil makanan tanpa bahasa? Dan bagaimana caranya Anda berkomunikasi dengan pencipta Anda tanpa bahasa? Baiklah, sekarang pernyataan saya sudah tidak bisa dibantah lagi.
    Di Indonesia, terdapat banyak sekali bahasa. Hal itu dikarenakan banyak sekali suku dan adat istiadat di berbagai pulau di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Namun bagaimana mungkin seluruh suku itu berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan bahasa yang berbeda? Mungkin mereka akan saling memaki satu sama lain dan ironisnya mereka pun tidak mengetahui bahwa mereka sedang dimaki-maki, disebabkan bahasa yang tidak mereka mengerti.
    Dan pada saat itulah bahasa Indonesia memainkan perannya. Bahasa Indonesia dapat membuat mereka berkomunikasi satu sama lain, bahasa Indonesia bisa membuat mereka menyampaikan pikiran mereka satu sama lain, dan bahasa Indonesia bisa mempersatukan mereka sebagai bangsa yang satu, yaitu bangsa Indonesia.
    Terlepas dari itu semua, bahasa memang berguna sebagai alat pemersatu. Misal dalam suatu peperangan, di film-film banyak sekali terlihat di saat prajurit prajurit sedang mengalami ketakutan menjelang perang dan hati mereka menjadi gelisah karena keresahan mereka. Di saat seperti itu, pemimpin perang tersebut pastilah akan meneriaki kata kata penyemangat untuk mereka dan seketika semangat berperang mereka menjadi berapi-api. Pemimpin tersebut tidak akan bisa memberikan kata kata penyemangat tanpa adanya bahasa yang juga dimengerti oleh prajuritnya.
    Oleh karena itu, suatu bahasa adalah hal yang sangat vital untuk mempersatukan individu individu ke dalam suatu kelompok. Bahasa adalah pemersatu, dan persatuan ada karena bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar